Untuk lowongan di kapal pesiar biasanya terbagi dalam beberapa kategori dan range yaitu :
Restaurant Team :
1. Waiter
2. Asisten Waiter
3. Snack Steward atau Buffe Runner
Housekeeping
1. Cabin Steward
2. Assistent Cabin Steward
3. Pool attendant, daily Cleaner, night cleaner, staf mess
Kitchen
1. First Cook - Second Cook
2. Third Cook
3. Steward (dish washer-pot washer-garbage man-night cleaner)
Bar
1. Bar waiter
2. Bartender
3. Bar boy
Deck
1. Officer (first, second, third)
2. Engeineering, electric dll
3. Bosun
4. Wiper, Able boy, dll
Nah ane bikin no 1-3 tiap departemen kecuali deck krn deck bnyak banget
jenisnya, artinya biasanya agent akan membuka lowongan di posisi yang no
3 (disini ane akan lebih menekankan hotel departemen dibandingkan deck)
dengan syarat sbb :
1. Pernah bekerja di Hotel bintang 4-5 selama minimal 1 tahun
2. Memiliki sertifikasi kecapakan bidang kelautan (info dibawah)
Jarang tapi ada juga agent kapal buka lowongan di posisi no 2 atau 1,
biasanya minta spesifikasi tinggi, minimal manager di hotel.
Oke setelah itu setiap crew yang lulus seleksi harus punya sertifikasi pelaut yaitu :
1. Pasport udah pasti but harus di endors di kantor syahbandar, ntar pasport kita di chop bahwa kita itu pelaut
Biaya : variasi masing2 daerah biasanya kl urus sendiri si paling 200-300 ribu kl pake jasa calo bisa 500 an
2. Seamen Book adalah buku pelaut yang menandakan bahwa kita
tidak tidur di darat, kita tidurnya di laut so pihak imigrasi langsung
tanda dan tidak mempersulit
Biaya : urus sendiri 100 ribu an. calo 300 ribuan
3. BST (Basic Safety Trainning)
Ini sertifikasi kecakapan
kita tentang kapal. kita akan belajar tentang kapal, keadaan emergency,
cara nurunin skoci, liferaft dll.
Biaya : 1,5 juta. Nah jangan
sekali sekali agan nembak alias beli BST tapi ga ikut trainning ber
resiko tinggi. kenapa, nanti pas di kapal ditanya sesuatu ama safety
officer trus kita ga bisa jawab bisa dipulangin. trus itu sertifikat di
issued ama IMO (International Maritime Organization) ada kode di
sertifikatnya yang bisa dibuka dimana aja melalui internet kl yg palsu
pasti langsung ketauan, so ikut aja trainningnya cuma 2 minggu kok.
4. SCRB (Safety Craft and Resque Boat)
Hampir sama kayak BST
cuma sedikit lebih advance materi trainningnya lebih ke survival. Inti
latihannya adalah kita tau kalau kapal tenggelam harus ngapain, ga hanya
tenggelam kalau kapal dalam keadaan bahaya kita tau harus kemana dan
ngapain bukannya panik
Biaya : 800 ribu. sama kayak bst jgn sekali sekali nembak, bahaya. Trainning 1 minggu
5. CCM (Crowd Crisi Management)
Juga sama tapi lebih banyak
ke penanganan ke penumpang, bayangin di kapal passanger 3000 orang
terjadi hal emergency pasti pada panik. latihan ini ditujukan agar mampu
mengendalikan masa.
biaya : 800 ribu, sama jangan nembak. training 1 minggu.
6. Yellow Faver
Ini kayak imunisasi biar ga kena penyakit. biasanya buat kapal2 yang ke Afrika.
Biaya : 300 ribu. Ingat ini sekali disuntik maka tidak boleh disuntik lagi sampai 10 tahun kalau nggak bisa lumpuh.
Sebagian besar sih 6 itu aja sekalipun masi ada lagi spt AFF (advance
fire fighting) dll. kalau ente apply buat deck maka makin lengkap lah
sertifikatnya
so kalau lu ngurus sendiri kira kira biaya segini :
pasport : 200.000
seamen : 150.000
bst : 1.500.000
total : 1.850.000
plus scrb : 800.000
plus ccm : 800.000
yellow F : 300.000
total : Rp 3.750.000
kenapa ane pisah karena kadang, di beberaa agent mereka cuma minta
pasport seamen ama bst that's it. tapi ada juga beberapa agent kapal
minta semuanya so begitulah itung-itungannya.
Kebetulan di agen ane yg diminta cuma Passport,BST,Seaman Book,selebihnya nanti diurus pas dah lolos dech,,kaya yellow fever,SID,visa,sama medical dech,,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar